Twitter Updates

Monday 9 June 2014

Jerawat Saat Hamil

Monday 9 June 2014



Ibu hamil sering kali mengalami masalah pada kulitnya dalam masa kehamilan mereka. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor. Perubahan tubuh secara fisik dan mental juga mempengaruhi masalah masalah yang dihadapi ibu hamil. Salah satu masalah yang sering timbul pada ibu hamil dalam masa kehamilan mereka adalah kulit berjerawat. Jerawat pada ibu hamil diakibatkan beberapa hal seperti di bawah ini.

Perubahan Fisik

Sudah pasti apabila ibu hamil megalami perubahan fisik secara signifikan. Selain janin yang bertambah besar, berat badan juga akan naik, payudara akan membesar dan kaki menjadi bengakak akibat menopang beban berat. Selain itu, jerawat juga dapat muncul dalam beberapa kasus. Jerawat pada ibu hamil dapat diakibatkan karena perunbahan pada kulit, baik wajah maupun tubuh secara keseluruhan. Banyak orang akan menganggap ini sebagai bawaan bayi. Selain perubahan fisik, pola makan juga berpengaruh, baca selengkapnya disini:

Perubahan Hormonal

Selain fisik yang berubah, hormonal pada ibu hamil juga berubah. Salah satu hirmon yang meningkat pada masa kehamilan adalah hormon progresteron. Hormon ini akan menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak pada kulit akan membesar sehingga wajah akan lebih. Jerawat pada ibu hamil bisa diakibatkan karena minyak berlebih pada pori pori wajah digunakan bakteri untuk berkembang biak. Sel sel kulit mati yang menutup pori pori akan menutupi pori pori sehingga minyak ajdi sulit dikeluarkan. Pori pori yang tersumbat adalah tempat favorit bakteri penyevab jerawat.
Selain karena faktor hormon progresteron, hidrasi pada ibu hamil juga berkurang. Hal ini menyebabkan produksi minyak pada sel sel kulit menjadi semakin kental dan mengakibatkan minyak jadi sulit dikeluarkan. Sekali lagi, minyak akan menyumbat pori pori wajah dan berakhir dengan peradangan jerawat pada ibu hamil akibat bakteri yang berkembang dalam pori pori tersebut.
Cara untuk mengatasi masalah jerawat pada ibu hamil adalah dengan menjaga kebersihan wajah dengan baik. cuci muka sebanyak mungkin dengan air bersih dan sabun muka yang mengandungsedikit bahan kimia. Jerawat pada ibu hamil tidak bisa diobati dengan bahan bahan kimia berlebihan karena bisa membahayakan janin yang dikandung.
Perbanyak konsumsi air putih sehingga sel sel kulit menjadi terhidrasi dengan baik. Kelemjar minyak akan lebih sedikit memproduksi minyak yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, air putih juga membantu metabolisme dalam tubuh dan menolong ibu hamil mengatasi masalah kontispasi yang biasa terjadi pada masa kehamilan.
Konsumsi vitamin B6 bisa mengatasi masalah jerawat pada ibu hamil. Vitamin B6 berperan dalam pembentukan antibodi dan imun tubuh. Selain itu, vitamin B6 membantu metabolisme lemak, gula dan protein yang tersimpan dalam tubuh. Mengkonsumsi vitamin B6 akan membuat tubuh ibu hamil dapat memerangi jerawat dengan cara lebih alami dan aman.


0 comments:

Post a Comment

please comment on this post if this post makes you interested

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More